Minggu, 01 Juli 2012

Spanyol Juara Piala EURO 2 kali Berturut-turut

Spanyol mengukir sejarah baru pada turnamen empat tahunan Piala Eropa. Spanyol berhasil menjuarai EURO 2012 dengan menghempaskan Italia dengan skor telak 4-0. Kemenangan ini selain membuat Spanyol menjadi juara EURO 2012, juga membuat Spanyol mengukir sejarah baru yaitu menjadi tim pertama yang mampu menjuarai Piala Eropa dua kali berturut-turut.
Partai final sepertinya menjadi partai antiklimaks bagi Italia, praktis Italia sangat kesulitan untuk memasuki pertahanan Spanyol dan memainkan permainan bertahan. Meski penguasaan bola berjalan 50-50, namun secara keseluruhan permainan Spanyol lebih efektif. Barisan pertahanan grendel Italia dibuat kalang kabut oleh permainan umpan-umpan pendek dari kaki ke kaki pemain Spanyol. 4 gol yang tercipta pada pertandingan ini tercipta diawali dengan umpan terobosan, dan sangat terlihat bagaimana para pemain belakang Italia masih kalah cepat dari para striker Spanyol.
Balotelli, nyaris tak mampu berbuat apa-apa, penjagaan ketat yang dilakukan kepadanya membuatnya tak dapat mengembangkan permainan. Pada babak pertama, permainan berjalan masih cukup menarik karena Italia masih mampu memberikan umpan-umpan ke daerah pertahanan Spanyol, namun pada babak kedua, permainan menjadi sedikit membosankan untuk dilihat untuk ukuran partai final. Permainan menjadi seperti tak berimbang ketika Italia tak mampu lagi mengimbangi permainan Spanyol. Nyaris tidak ada serangan yang dilakukan oleh Italia, bahkan Italia dipaksa untuk terus memperkuat lini pertahanan mereka.
Banyak para pengamat dan penggemar sepakbola tentu yang tak mengira Italia akan mengalami kekalahan yang sangat telak pada partai final ini. Awalnya memang Italia tidak terlalu dijagokan untuk dapat melaju hingga babak final, namun ketika ternyata Italia mampu melaju hingga ke fina, tentu publik sepakbola juga tak akan mengira atau tidak akan ada prediksi bahwa Spanyol akan menang dengan skor telak 4-0 tersebut.
Gol kemenangan dari Spanyol sendiri diawali oleh David Silva yang membobol gawang Buffon setelah memanfaatkan umpan matang dari Arbeloa pada menit ke 14 babak pertaman. Jordi Alba memperbesar kemenangan Spanyol setelah pada menit ke 41 berhasil memanfaatkan umpan terobosan yang sangat akurat dan membobol gawang Buffon. Di babak kedua, Torres yang baru dimasukkan berhasil memperbesar keunggulan Spanyol menjadi 3-0 setelah kembali memanfaatkan umpan terobosan matang, memanfaatkan kesalahan dari para pemain Italia.
Dan petaka bagi Italia masih belum berakhir, 2 menit jelang waktu normal berakhir, Buffon kembali harus memungut bola dari sarangnya, setelah Juan Matta yang juga baru dimasukkan pada babak kedua mampu membobol gawang Buffon memanfaatkan umpang yang sangat matang dari Fernando Torres.
Pertandingan Final EURO 2012 telah usai, dan dengan demikian usai juga perhelatan turnamen akbar sepakbola Eropa tahun 2012 ini. Bagi anda yang tak sempat menyaksikan langsung pertandingannya, mungkin bisa melihat cuplikan 4 gol yang tersarang ke gawang Italia melalui Video pertandingan Spanyol vs Italia yang biasanya akan tersedia banyak di internet. Dan sebagai penutup Mas Rudi mengucapkan selamat untuk Spanyol yang berhasil menjadi juara piala eropa 2012, dan selamat bagi para pendukung Spanyol dan juga Italia.